Character Building LA02: Agama ( Week 3 )

Setelah melewati 2 minggu dalam proyek wawancara kami, kami sampai di minggu ketiga dimana kami mewawancarai tokoh agama dari agama kristen. Kami memilih tempatnya, yaitu GBI CK7 Intercon dengan tokoh agama yang bernama Pdm. Christian Banunaek. Pertanyaan yang kami berikan identik dengan wawancara sebelum nya, hanya ada beberapa pertanyaan yang tidak kami tanyakan karena kecukupan jawaban yang telah diberikan dari Bapak Pdm. Christian Banunaek.

Berikut pertanyaan-nya :

  1. Apa itu Agama sendiri?
  2. Bagaimana hubungan antar umat beragama di Indonesia?
  3. Mengapa wujud persatuan di Indonesia selalu memandang dari sisi Agama?
  4. Pendapat tentang konflik antar Agama?
  5. Pesan kepada kaum muda yang hidup dalam lingkar agama yang berbeda- beda?

Dan inilah jawaban yang diberikan dari Pdm. Christian Banunaik  :

  1. Agama merupakan  usaha yang dilakukan oleh manusia agar dapat kembali dekat/bersatu dengan Tuhan, setelah dosa yang dilakukan di Taman Eden.
  2. Ada beberapa landasan yang menjadi penghubung kita, seperti Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dsb. Dan pokok-pokok itulah yang menjadi landasan untuk kita berhubungan, karena pada dasar nya masing masing agama punya pandangan tersendiri.
  3. Karena latar belakang agama yang akan mempengaruhi kita. Kembali lagi kepada Indonesia yang memiliki berbagai macam agama yang berbeda-beda, walaupun kita negara persatuan tetapi banyak cut cut diantara kita yang memiliki perbedaan agama.
  4. Banyak sekali orang secara identitas beragama. Kenyataan nya, mereka tidak mendalami ajaran agama. Pada dasar nya, setiap orang apabila mendalami dan mempraktekan ajaran agama, kita akan melihat negara ini akan cepat mencapai persatuan dan tidak konflik.
  5. Kembali lagi, setiap individu harus mendalami secara lahiriah dan praktek dari ajaran agama masing-masing. Apabila bisa mendalami dan praktek dalam kehidupan nyata, maka kehidupan antara perbedaan pasti dapat berjalan secara baik dan damai.

Berikut lampiran foto sebagai bukti wawancara kami :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *